BNI Turut Wujudkan Proyek KA Bandara Soeta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) turut membiayai pembangunan Proyek Pengembangan Kereta Api Bandar Udara Soekarno Hatta melalui kredit sindikasi bersama tiga bank lain senilai lebih dari Rp 2 triliun. Sebagai Joint Mandated Lead Arranger, BNI memastikan turut menyalurkan kredit kepada pelaksana proyek yaitu PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Railink lebih dari Rp 500 miliar dengan jangka waktu kredit yang wajar bagi sebuah proyek pembangunan infrastruktur, yaitu 14 tahun.

Penandatanganan Perjanjian Kredit Sindikasi Pembiayaan Proyek Pengembangan Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta antara BNI dan tiga bank lain dengan PT KAI dan PT Railink dilakukan di Jakarta, Senin (20 April 2015). Hadir pada kesempatan ini Direktur Bisnis Banking I BNI Herry Sidharta dan Direktur Bisnis Banking II BNI Sutanto.

Dalam kerja sama kredit sindikasi ini, masing-masing bank bersepakat memberikan fasilitas kredit senilai Rp 362 miliar lebih untuk membiayai Pengadaan dan Pembangunan Prasarana Proyek Kereta Api Bandara Soekarno Hatta yang dilaksanakan PT KAI serta masing-masing membiayai Rp 153 miliar untuk Pembangunan Sarana Kereta Api Bandara Soekarno Hatta yang dilaksanakan PT Railink. Dengan demikian, PT KAI akan mendapatkan fasilitas kredit senilai Rp 1,4 triliun lebih (84% dari total biaya proyek), sedangkan PT Railink memperoleh fasilitas kredit Rp 612 miliar (85% dari total biaya proyek).

Sebelumnya, sinergi BNI dengan KAI telah dilakukan dalam beragam kerja sama bisnis, antara lain pada tahun 2013, BNI terpilih menjadi Bank Operasional bagi KAI, yaitu memberikan layanan Cash Management terpadu, mulai dari Cash Pickup Service bagi lebih kurang 117 Stasiun KAI untuk 9 DAOP dan 3 Divre, layanan e-payment, e-tax, hingga identifikasi setoran stasiun. BNI juga memperkaya layanan bagi pengguna Kereta Api dengan memasang mesinmesin EDC di loket-loket KAI, melayani e-ticketing untuk KA Pramex jurusan Jogyakarta – Solo, menyediakan kartu prabayar khusus bernama BNI Prepaid Rail Card.

BNI juga menjadi bank yang melayani pembayaran gaji bagi 27.000 pegawai KAI, menyediakan Kartu Multi Fungsi khusus untuk pegawai KAI, serta corporate card untuk kebutuhan bisnis manajemen KAI. Adapun untuk peningkatan sarana dan prasarana perkeretaapian yang sudah didukung oleh BNI adalah memberikan fasilitas berupa Kredit sindikasi pembelian gerbong serta lokomotif di Jawa dan Sumatra, Kredit bilateral untuk memenuhi kebutuhan operasional KAI, serta Fasilitas Kredit kepada anak perusahaan KAI yaitu PT KAI Commuter Jabodetabek untuk pembelian Loko Commuter Jabodetabek