Data masih ada di home credit

Data masih ada di home credit

Tanya

mmie49: saya pernah mengajukan credit di home credit pada tgl31 desember2014 pake kk sama ktp persyaratannya pengajuan saya ditolak statusnya tapi kenapa ya data” saya masih ada di home credit disangkanya saya masih punya hutang padahal saya tidak ada hutang apa-apa, biar data-data saya dihilangkan dari pihak bank caranya gimana, karna saya mau ngajuin credit apa-apa ga bisa pdahal saya tidak punya hutang atau tunggakan apa-apa

Jawab

1. PT Home Credit Indonesia bukan perusahaan bank. Daftar bank bisa di lihat di 
http://www.sahamok.com/bank/
PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan. 

2. Jika anda telah menyerahkan data untuk tujuan pengajuan kredit ke Home Credit Indonesia, namun kredit anda ditolak, data anda mungkin (sangat mungkin) tetap disimpan di internal perusahaan tersebut untuk tujuan internalnya saja. Karena anda belum memiliki kredit macet, maka data anda tidak akan ada di Bank Indonesia ( lebih dikenal dengan istilah BI checking ). Jika anda merasa data anda disalah-gunakan, anda dapat melaporkannya ke Pengaduan OJK.

3. Jika anda hendak mengajukan kredit ke perusahaan lain ( entah ke bank atau lembaga finasial non bank ), anda ajukan saja. Jika pengajuan kredit anda ditolak, maka anda tanyakan kenapa pengajuan kredit anda ditolak. Jika jawabannya adalah “anda masuk daftar BI checking” maka anda perlu menelusuri pernahkah anda memiliki kredit macet atau kartu kredit anda pernah bermasalah. Anda bisa mengecek status BI cheking anda langsung ke kantor Bank Indonesia setempat, atau menghubungi call center bank Ind0nesia di nomor 131.